Selasa, 23 Januari 2018

Cara Membuat Keripik Telo Ungu

Ubi Ungu atau Telo ungu adalah salah satu bahan makanan yang bisa dijadikan berbagai olahan makanan, seperti ubi rebus hingga keripik ubi ungu yang enak dijadikan camilan. Ubi jalar sendiri mengandung karbohidrat yang bisa membuat anda kenyang ketika memakan nya seperti fungsi dari nasi, dan masih banyak lagi kandungan dari ubi jalar yang berguna untuk tubuh anda. Berikut ini cara membuat keripik telo ungu yang enak dan renyah :

Bahan dalam membuat keripik telo ungu renyah:

- 1 kg ubi ungu yang masih segar
- 200 gram gula pasir
- 2 sendok makan air kapur sirih
- Air secukupnya
- Minyak untuk menggoreng keripik secukupnya

Cara Membuat Keripik telo ungu yang enak dan Renyah:

1. Kupaslah kulit ubi yang ingin anda jadikan keripik hingga bersih, kemudian cucilah ubi yang sudah dikupas tersebut dengan air mengalir agar bisa bersih dari tanah atau kotoran lain.
2. Iris ubi tersebut dengan pisau yang tajam dalam bentuk yang sama agar matangnya bisa merata dan bersamaan. Sebaiknya untuk mendapatkan irisan yang bagus, anda bisa menggunakan alat pemotong keripik agar hasilnya sama.
3. Langkah ketiga dalam membuat keripik ubi adalah mencampurkan air bersih dengan air kapur sirih yang sudah disiapkan takaran nya di atas.
4. Rendam ubi ungu yang sudah anda iris seragam ke dalam air kapur sirih tersebut selama kurang lebih 1 hingga 2 jam, setelah itu angkat ubi tersebut dan tiriskan hingga air nya hilang.
5. Jemur keripik ubi ungu dibawah sinar matahari hingga benar-benar kering agar keripik lebih renyah.
6. Larutkan gula pasir dengan air secukupnya saja, kemudian masukkan ubi yang sudah dijemur tersebut ke dalam larutan gula selama beberapa saat.
7. Panaskan minyak goreng dengan api sedang, dan gorenglah ubi ungu tersebut sedikit demi sedikit agar keripik lebih mengembang hingga matang dan kering.
8. Angkat dan tiriskan keripik ubi hingga dingin.
9. Setelah keripik matang, anda masukkan keripik ke dalam toples dan tutup rapat agar keripik bisa bertahan lama dan terjaga kerenyahan nya.

Lihat juga artikel kami tentang Kacang Polong Tepung yang enak DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar